January 31, 2016

waktu yang dibutuhkan untuk terjun ke sisi lain bumi


INILAH WAKTU YANG DIBUTUHKAN untuk terjun ke sisi lain bumi.



http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi terjun menembus sisi lain Bumi (jika ada terowongan besar yang tembus ke sisi lain Bumi)

AstroNesia Berapa waktu yang kita butuhkan untuk tembus ke sisi lain Bumi jika ada lubang di tanah? Penelitian telah menemukan bahwa seseorang hanya membutuhkan waktu 38 menit untuk tembus ke sisi lain Bumi - bukan 42 menit, seperti perhitungan sebelumnya.

Skenario hipotetis ini menemukan bahwa ketika kepadatan yang berbeda pada lapisan bumidiperhitungkanperjalanan akan empat menit lebih cepat dari yang diperkirakan.


Perkiraan waktu ini dihitung oleh Alexander Klotzseorang mahasiswa fisika pascasarjana di McGillUniversity di Montreal, Kanada dan diterbitkan dalam The American Journal of Astrophysics.

"Ini sebuah kejutan buat saya", kata Klotz.
  
"Pada dasarnyagravitasi sedkit meningkat ketika Anda pergi lebih dalam menuju inti padatsekitar110 persen dari nilai permukaannyasebelum melemah saat Anda bergerak melalui intimencapainol [persendi pusat.

Teori aslinya seperti iniJika lubang digali dari satu titik di bumi ke sisi lain Bumi yang berlawanan,anda akan membutuhkan waktu  42 menit dan 12 detik untuk tembus disana.

 
Tentu sajamereka akan membutuhkan semacam terowongan yang bisa menahan panas intens dantekanan di dalam bumidan tubuh mereka juga harus dapat bertahan melalui kondisi itu.

Ditambah tubuh anda harus bisa menahan laju kecepatan tinggi 18.000 mph (29.000 km / jam).

Secara teoritis, saat seseorang jatuh menembus bumigravitasi terus berubah ketika mereka membuat jalan ke tengah.

Akibatnya mereka akan semakin cepat ketika mereka mendekati pusatdan mulai melambat lagi saat mereka membuat jalan ke sisi lainDengan mengabaikan efek hambatan karena adanya udara,itu akan mengambil waktu persis jumlah waktu yang sama untuk membuat perjalanan di kedua sisiinti.


Dengan kondisi tersebutkecepatan yang dicapai selama terjun akan cukup untuk mencapaipermukaan di sisi lain.

Tapi Mr Klotz mengatakan bahwa perhitungan sebelumnya tidak memperhitungkan kepadatanlapisan bumi.


Sebagai contohpenelitian terbaru telah menunjukkan bahwa planet ini jauh lebih padat di pusatnya dibanding di keraknyadekat permukaan.

Dengan menggunakan data seismikia menemukan bahwa kepadatan bumi kurang dari 1.000 kgper meter kubik di permukaantapi 13,000kg per meter kubik pada intinya - sekitar 3960 mil (6,370km) di bawah permukaan.


Dan berjarak 2.200 mil (3,500km) dari pusat, sekitar setengah jalanada juga lonjakan dramatis dalam kepadatan dekat inti luar.

Dengan menggunakan angka iniMr Klotz menemukan bahwa waktu jatuh melalui Bumisebenarnya 38 menit 11 detik - empat menit dan 1 detik lebih cepat dari dugaan.

Membuat artikel ini, saya jadi ingat sebuah pertanyaan yang mengatakan, seandainya kita bisa menggali tembus Bumi (dimulai dari kutub utara dan tembus di kutub selatan), apa yang akan terjadi saat kita hampir tiba di kutub selatan, apakah kita menggali ke arah bawah atau menggali ke arah atas? gimana juga menggali kearah atas, ga ada tangga hehehe....

Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)