February 20, 2016

Apa itu Cinta ?

Meskipun cinta bisa dimengerti dari berbagai sudut pandang
Mulai dari kebutuhan kita untuk bertahan hidup, hingga tafsiran para filsuf
Tapi dalam bidang neuro science, cinta itu terbentuk karena adanya zat kimia
dalam tanda kutip "membanjiri otak kita"

Saat sedang menyukai orang lain, sebuah bagian dari otak kita yang bernama
Hypotalamus


aktif memproduksi lebih banyak hormon Oxytocin


yaitu hormon yang membuat perasaan stress berkurang. Serta selain itu juga
diproduksi hormon Vasopressin, 





sebuah hormon yang mengatur tekanan darah kita
Kedua hormon ini kemudian mengalir dalam sirkulasi otak
dan dalam tanda kutip "merangsang Hypotalamus untuk aktif memproduksi Dopamine"
Sebuah senyawa yang dapat membuat pikiran kita tidak bisa lepas dari orang yang
kita suka. Dan yang akhirnya juga membuat seakan dunia hanya milik berdua saja

"Tapi kenapa kalo diputusin cinta jadi sedih ?"

Kita menjadi sedih kalo diputusin karena adanya konflik dalam otak kita
meskipun hubungan telah berakhir, otak kita terus aktif memproduksi senyawa
Dopamine,


yang membuat kita terus termotivasi untuk tidak lepas dari orang yang
kita sukai, disisi lain bagian otak kita yang bernama
ORBITAL FRONTAL CORTEX


yang mengatur emosi dan kontrol diri kita ikut teraktifkan
dan berusaha mengambil kontrol otak kita untuk melupakannya.

Akibatnya terjadi konflik di otak kita, dimana di satu sisi kita ingin
melupakan orang yang kita sukai, tetapi disisi lain kita tidak bisa melupakannya.
Karena terus adanya motivasi dalam otak kita.
Dan tentu saja itu semua berujung menjadi kesedihan.

Menariknya Cinta buta seperti yang sering kita dengar adalah hal yang nyata.
Saat berbagai zat kimia dalam tanda kutip "membanjiri otak kita"
Jalur Neurol negatif yang menghubungkan Nucleus Accumbens menuju amygdala dalam otak
kita menjadi ternonaktifkan.
padahal jalur neural inilah yang membuat kita biasanya dapat menilai
buruknya sesuatu seperti misalnya
menilai rasa bakso yang tidak enak.
Hal inilah yang kemudian membuat kita tidak pernah menilai buruk orang yang kita suka
atau biasa disebut sebagai Cinta Buta

Dan apakah artikel ini membuat anda juga jatuh cinta terhadap blog ini
tapi yang pasti, segalanya menjadi indah dengan adanya cinta :)

Seperti biasa
Terima Kasih :)

avatar

cinta itu nyakitinnnnnn :( sakit krn cinta

Delete February 20, 2016 at 9:13 AM
avatar

Cinta itu adalah rasa suka terhadap suatu hal

Delete February 20, 2016 at 9:20 AM
avatar

wah cinta ada teorinya, manfaat banget ini mas

Delete February 20, 2016 at 4:02 PM
avatar

tapi sayang banget gue jomblo ngenes, btw, artikelnya tambah pengetahuan

Delete February 21, 2016 at 3:20 PM
avatar
Faza Muna person

iya mas.. jadi ngga asal cinta aja :)

Delete February 21, 2016 at 3:56 PM
avatar
Faza Muna person

heheh.. w doain, smoga semua orang yang baca artikel ini cepet dapet pasangan :)

Delete February 21, 2016 at 3:58 PM
avatar

gila ilustrasinya keren ketikannya juga bagus, bermanfaat lah

Delete February 21, 2016 at 5:56 PM
avatar

makasih mas gan ,, dapat pencerahan nih tentang cinta. hehe

Delete February 21, 2016 at 9:35 PM
avatar

ternyata ada pembahasan secara biologinya, ane baru tau nih gan

Delete February 22, 2016 at 9:40 AM
avatar
Faza Muna person

haha iya sob :) itu sudah pasti

Delete February 22, 2016 at 9:48 AM
avatar
Faza Muna person

thanks sob.. smoga ilmunya berguna :)

Delete February 22, 2016 at 9:50 AM
avatar
Faza Muna person

haha iya sob.. moga yang baca nih artikel gak ada yang jomblo :)

Delete February 22, 2016 at 9:51 AM
avatar
Faza Muna person

heheh iya sob :) semua ada ilmunya

Delete February 22, 2016 at 9:52 AM
avatar

Welehhh jadi tau arti cinta :v

Delete February 23, 2016 at 7:47 PM
avatar
Faza Muna person

kalo udah tau arti cinta, skarang tinggal nemuin cinta sejati sobat aja :)

Delete February 24, 2016 at 6:55 AM
avatar
Faza Muna person

ada apa ini :v apa anda termasuk golongan "Jomblo" :) hhehehehe
smoga bermanfaat sob :)

Delete February 29, 2016 at 6:50 AM
avatar
Faza Muna person

iya sob.. pengertian dasarnya seperti itu lah kira kira :D

Delete March 19, 2016 at 9:43 AM
Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)