February 1, 2016

Apa sih artinya Courtesy of Youtube ?

Tahu kan apa itu youtube ?

arti courtesy of youtube peraturan courtesy of youtube

Iya  youtube itu situs penyedia video yang diunggah oleh para penggunanya.
lalu apa menurut WikiPedia Youtube

ini dia arti youtube yang sebenarnya menurut wikipedia


YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.
Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.


nah banyak program di stasiun televisi nasional yang menggunakan youtube sebagai meteri utama di program tersebut. Dan pihak pertelevisian tersebut hanya menaruh link video youtube yang mereka ambil, tentu saja sebuah link memang sangat sulit dipahami dan dibaca oleh masyarakat awam yang tidak tau luasnya dunia maya.

Youtube memang menyediakan video dengan gratis dan dapat dilihat oleh siapapun, tetapi Youtube punya peraturan dan hak cipta video yang dimiliki setiap YouTubers yang membuatnya. Perlu diingat juga, Youtube juga merupakan wadah dari karya karya video para Youtubers, yang tentu saja tidak mudah membuat video itu.

Berarti ngga ada ijinnya dong ?


YouTube saat ini telah menyediakan dua jenis lisensi di situsnya, yaitu perlindungan Hak Cipta dan Perlindungan Creative Commons BY (CC BY). Suatu konten di YouTube yang dilindungi oleh Hak Cipta, maka jika seseorang akan mendownload, mengedit dan mengkomersialisasikan isi konten di YouTube tersebut, maka seseorang harus terlebih dahulu meminta izin kepada pemilik konten tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam penjelasan YouTube berikut ini :

“Jika Anda berminat menggunakan video YouTube di siaran atau film, Anda harus menghubungi pembuat atau pengunggah video itu secara langsung. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik tautan di saluran pengguna tersebut yang berbunyi “Kirim Pesan,” dan meminta izin pemilik untuk menggunakan konten miliknya”.

Oleh karena itu, jika kita ingin mengambil sumber konten dari YouTube, maka kita harus memastikan terlebih dahulu jenis lisensi yang digunakannya tersebut. Namun, kita tetap dapat mengambil sumber konten dari YouTube tersebut dengan lisensi Hak Cipta, asalkan untuk penggunaan yang wajar, yaitu untuk tujuan penelitian, pendidikan, dan pengutipan berita. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam UU Hak Cipta, UU No 19 Tahun 2002 pada pasal 15 (a) : Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta, yaitu penggunaan ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.
Namun, jika konten di YouTube tersebut, tersedia dalam jenis lisensi Creative Commons BY(CC BY)1, maka seseorang dapat langsung untuk mendownload konten YouTube dengan bebas, mengedit dan mengkomersilkan isinya sebagaimana penjelasan YouTube di bawah ini :

“YouTube mengizinkan pengguna untuk menandai video mereka dengan lisensi Creative Commons BY (CC BY) 2.Kemudian, video ini dapat diakses oleh pengguna YouTube untuk digunakan, bahkan secara komersial. Dengan menandai video asli Anda dengan lisensi Cerative Commons BY (CC BY), Anda memberikan hak kepada seluruh komunitas YouTube untuk menggunakan kembali atau mengedit video tersebut.


Nah sebagai ganti ijin untuk menayangkan video dari para Youtubers, Pihak stasiun televisi menggunakan kata
courtesy of Youtube

Apa artinya ?

Secara bahasa Courtesy berarti Penghormatan


atau menurut google translate berarti "Kesopanan"

Apa mungkin maksud dari penulisan kata courtesy itu berarti pihak TV memberi penghormatan pada YouTube ?
Tapi, kenapa gak ditampilin juga nama pemilik akun dari para Youtubers itu ?
padahal lebih gampang untuk menulis chanel youtubenya atau nama akun youtube dari para youtubernya

dari sudut pandang youtuber
Mungkin ada yang kecewa, hasil kerja keras untuk membuat konten yang mereka upload di youtube
karena ngga gampang membuat video yang unik, selain membutuhkan kreatifitas juga membutuhkan skil untuk mengedit agar tampak menarik.

dari sudut pandang pihak televisi
Mengambil konten dari youtube selain mempermudah pekerjaan mereka. Lagian youtube kan bisa dilihat sama siapa saja. masak pihak televisi ngga boleh nayangin
mungkin begitu pikir mereka.

sampai akhirnya YouTuber dari luar negeri memposting video yang berisi saran untuk salah satu stasiun televisi.
liat videonya disini

Youtubers : Martin Johnson
Published on Jan 25, 2016
Email Trans 7 public.relations@trans7.co.id 

Saya mendapat informasi dan telah mengecek sendiri bahwa Trans 7 telah menggunakan setidaknya dua video dari keluarga saya dalam program kalian. Saya sangat senang bahwa mungkin Trans 7 menganggap video kami cukup bagus untuk di tayangkan dalam beberapa program kalian.

Tetapi saya ingin memberi saran, karena Trans 7 mendapatkan keuntungan dari jerih payah banyak YouTuber, maksud saya Trans 7 tidak harus pergi keluar dan shooting semua klip video itu Trans 7 hanya mengambil video milik untuk program kalian. Kami adalah orang-orang sederhana yang bekerja keras untuk menghasilkan konten kami. Trans 7 adalah perusahaan besar dengan banyak karyawan dan banyak uang. Paling tidak yang bisa Trans 7 lakukan untuk YouTuber yang kalian pakai videonya adalah untuk memberikan kredit kepada kami. Hal ini tidak terlalu sulit dengan demikian kita semua tidak ada yang merasa di rugikan.

Untuk semua subscriber saya jika kalian suka saran ini dan ingin melihat Trans 7 mulai mempromosikan YouTuber-YouTuber yang mereka mengambil keuntungan dari tolong Share video ini dan email video ini kepada Trans 7. Alamat Email ada di dalam description video ini.

Sampai Besok


pendeknya, dia memberikan saran untuk memberikan kredit untuk para youtubers yang telah diambil videonya di youtube sebagai tanda terima kasih pada para youtubers yang telah mengupload video tersebut


Sehingga untuk para youtuber tidak lagi kecewa terhadap pihak pertelevisian

dan satu pesan untuk para youtuber dari saya

Tetap berkreasi. Dengan konten penuh inspirasi
Buat konten kreatif dengan penuh inofatif

Terima Kasih

Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)