February 6, 2016

ayam atau telur mana yang duluan? akhirnya terjawab

Ayam atau Telur Duluan? Terjawab Sudah


Mana yang duluan, ayam atau telur? Dulunya, ini mungkin hanyalah teka-teki iseng saja ya. Namun, ternyata bagi ilmuan, hal ini ada sebuah misteri yang harus dipecahkan. Benar saja, kini pertanyaan tentang ayam atau telur dulu yang duluan ada, sudah terjawab.

Secara Ilmiah, Ayam atau Telur Dulu?

Berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh para ilmuan dari Universitas di Sheffield dan Warwick, dinyatakan bahwa yang ada terlebih dulu adalah ayam. Dari penelitian yang dilakukan dengan pengamatan menggunakan komputer 'HecTor', diketahui bahwa dalam cangkang telur terdapat protein ovocledidin-17 (OC-17), yang hanya terdapat pada indung telur ayam. 

Ayam atau Telur Duluan? Terjawab Sudah

Protein ini memiliki peranan yang sangat penting, yakni sebagai katalis dalam pembentukan cangkang telur. Protein ovocledidin-17 ini, merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada indung telur ayam, yang nantinya akan mempercepat pengembangan cangkang telur ayam. 

Seperti yang diketahui, bahwa cangkang telur ayam yang keras, adalah "rumah" bagi putih telur dan kuning telur ayam. Melalui 'HecTor' komputer, terlihat jelas proses pembentukan dari protein ovocledidin-17 hingga menjadi cangkang telur yang keras. Melalui pengamatan dengan super komputer tersebut, diketahuilah bahwa ovocledidin-17 adalah protein yang sangat penting dalam proses kristalisasi atau proses awal terbentuknya telur ayam.

ovocledidin-17 pada indung telur bertugas untuk mengubah kalsium karbonat menjadi kristal kalsit. Komponen ini terdapat pada sebagian besar tulang dan tempurung ayam. Namun, berkembang sangat pesat khususnya pada ayam. Dan, dalam kurun waktu 1×24 jam, ayam memproduksinya sebanyak 6 gram kulit ayam.

Dr Colin Freeman, dari Departemen Teknik Material Universitas Sheffield, mengemukakan bahwa, ''Selama ini orang mengira bahwa yang terlebih dulu ada adalah telur, tapi kini kita memiliki bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sebenarnya ayamlah yang lebih dulu ada. Protein itu sudah diidentifikasi lama dan diketahui terkait dengan pembentukan telur. Ternyata, dengan memeriksanya secara jeli kita dapat melihat cara protein itu mengendalikan proses pembentukan kulit telur. Menarik untuk diketahui bahwa berbagai jenis spesies burung tampaknya memiliki variasi protein dengan cara kerja yang sama.'' Jelasnya.

BACA PERDEBATAN SELENGKAPNYA
Mana Yang Duluan Ayam Atau Telur ?
Nah, sudah jelas kan, mana yang duluan, ayam atau telur. Perkembangan teknologi berperan penting dalam menjawab segala teka teki alam. Dan, Alam pun telah menyiapkan jawabannya bagi kaum yang mau berpikir.

avatar
Anonymous

makasih gan bermanfaat banget ��

Delete February 6, 2016 at 9:56 PM
avatar

thanks gan sekatang kalo ditanya udah tau jawabanya :v

Delete February 6, 2016 at 9:59 PM
avatar

skrang bisa jwb nihh..
wkwkwkwk

Delete February 7, 2016 at 6:49 PM
Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)