February 14, 2016

Kenapa Kemudi mobil di Indonesia berada di kanan ?

Kenapa Kemudi mobil di Indonesia berada di kanan ?

Setiap harinya banyak dari kita yang berpergian menggunakan mobil,
Tapi pernahkah anda bertanya
Kenapa posisi kemudi mobil anda harus berada di sebelah kanan ?


Nyatanya hanya 35% negara di dunia mengadopsi posisi kemudi mobil sebelah kanan
seperti di indonesia


Sedangkan 65% lainnya mengadopsi posisi kemudi mobil sebelah kiri
Fakta ini sering kali di pertanyakan, seperti yang ditanyakan oleh Arnadi ini


Kenapa kemudi posisi mobil di indonesia harus di sebelah kanan ?

Pendeknya perbedaan posisi kemudi mobil disebabkan oleh jalur kendaraan yang diadopsi tiap negara.
Umumnya jika jalur kendaraan berada di sebelah kiri, posisi kemudi mobil ada di sebelah kanan
Begitu juga sebaliknya, hal itu terjadi karena posisi kemudi tersebut
memungkinkan untuk sang pengemudi untuk memiliki jangkauan pengelihatan yang lebih jauh ke depan.


Hal itu seperti yang terjadi di Perancis dan Amerika dulu,
ketika sang pengendara kereta kuda
memposisikan kemudinya ke arah tengah badan jalan,


untuk lebih menjaga keselamatan kereta kuda dari orang yang berjalan dari arah yang berlawanan.

Jalur kanan dan kiri sendiri memiliki sejarah yang panjang.


Jalur kiri menurut sejarah terjadi karena ksatria pada jaman dulu memegang pedangnya
dengan tangan kanan. Sehingga lebih mudah menjangkau musuhnya ketika sedang berkuda.

Sedangkan jalur kanan baru mulai di populerkan setelah terjadinya Revolusi Perancis


Sebagai simbol perlawanan terhadap kerajaan, Napoleon menetapkan peraturan jalur kanan di Perancis
Kemudian singkatnya pada abad ke 19,


Napoleon hampir menguasai seluruh eropa,
dan kemudian akhirnya ia menyebarluaskan aturan jalur kanan tersebut
ke berbagai negara yang ia kuasai. Hebat sekali

Lalu bagaimana dengan Indonesia ?

Singkatnya banyak dari jalur yang ada di suatu negara dibawa oleh para penjajah
yang menerapkan aturan dari negaranya sendiri ke negara negara koloninya.
Itu yang terjadi di Indonesia, dimana Belanda membawa aturan tersebut ke negeri kita
Fakta uniknya Belanda sendiri menggunakan jalur kanan, bukan jalur kiri karena dulu ia sempat di kuasai oleh Napoleon dan peraturannya terus berlanjut hingga sekarang.

Sedangkan negara Inggris dan koloninya yang melawan dan tak pernah takut terhadap Napoleon
masih tetap menggunakan jalur kiri, seperti kita di Indonesia.
Karena menggunakan jalur kiri, mobil kita pun di indonesia memiliki posisi kemudi mobil disebelah kanan
agar bisa keadaan dari arah berlawanan.
Selain itu posisi kemudi kanan mobil di Indonesia, juga banyak dipengaruhi oleh lakunya
mobil mobil produksi Jepang di Indonesia yang memiliki posisi kemudi di sebelah kanan

Jadi setelah mengetahui sejarahnya, jangan coba coba meniru ksatria berkuda pada abad pertengahan dan mencobanya pada jaman sekarang


Karena iya jelas, itu akan memmbuat anda ditangkap polisi

Terima Kasih :)

avatar

ane kirain karena orang indonesia gak kidaL :v

Delete February 14, 2016 at 11:34 AM
avatar

thanks infonya gan, emang aneh gan beda sama luar negeri

Delete February 14, 2016 at 12:13 PM
avatar

Iya jadi aneh kalau lihat di luar negeri dalam melihat kemudi mobil

Delete February 14, 2016 at 12:44 PM
avatar
Faza Muna person

sama sama gan
thx dah mampir :)

Delete February 14, 2016 at 12:44 PM
avatar
Faza Muna person

hahahah... aneh aneh aja :)

Delete February 14, 2016 at 12:46 PM
avatar
Faza Muna person

bukannya aneh cuman beda aja :)

Delete February 14, 2016 at 12:51 PM
avatar
Faza Muna person

hahaha.. indo tampil beda gan
*beda itu baik :)

Delete February 14, 2016 at 12:56 PM
avatar

nice artikle, gue suka desainnya.. btw ini dari youtubers "kok bisa sih" ya?

Delete February 14, 2016 at 2:28 PM
avatar
Faza Muna person

hehehe.. makasih :D

iya ni artikel dari Kok Bisa cuman ini disediain versi text aja :)

Delete February 14, 2016 at 3:18 PM
avatar

akhirnya...... gue bisa beristirahat dengan tenang~.. ternyata karena jajahan napoleon toh.. Nice Artikel! wawasan gue jadi nambah!

Delete February 14, 2016 at 3:33 PM
avatar

ohh karena jajahan, Thanks Infonya gan

Delete February 14, 2016 at 3:53 PM
avatar

Sangat jelas gan info terimakasih loh gan

Delete February 14, 2016 at 4:10 PM
avatar

ohh ternyata gara2 arus ya gan

Delete February 14, 2016 at 5:22 PM
avatar
Faza Muna person

hehee slamat beristirahat n tentunya sambil baca baca artikel KarenaLupa.com :)

iya sob. oke smoga bermanfaat :)

Delete February 14, 2016 at 7:13 PM
avatar
Faza Muna person
avatar
Faza Muna person

heheheh gagal paham w gan :)

Delete February 14, 2016 at 7:17 PM
avatar
Faza Muna person

heheh iya gan, smoga bermanfaat :)

Delete February 14, 2016 at 7:18 PM
avatar

heheheeh, dari dulu juga penasaran tapi males cari jawabnya, eh tiba2 nemu disini

Delete February 15, 2016 at 6:28 PM
avatar

thanks ya infonya,semoga bermanfaat

Delete February 16, 2016 at 7:51 PM
avatar

Ilmu saya bertambah juga haha, ini yang saya cari - cari gan hehe, ternyata penyebabnya sejarah juga hehe, Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat.

Delete February 17, 2016 at 6:36 PM
avatar
Faza Muna person

nah skarang dah ketemu jawabannya :)

Delete February 18, 2016 at 6:56 AM
avatar
Faza Muna person

iya gan emang sejarah tuh banyak mempengaruhi kejadian sekarang ini :)

Delete February 18, 2016 at 6:58 AM
avatar

Baru pertama kali saya tahu sejarahnya.
Terima kasih atas informasinya.

Delete April 22, 2016 at 7:12 AM
Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)