February 7, 2016

Mengapa bahasa inggris bisa jadi bahasa Internasional ?


Bahasa Inggris adalah bahasa internasional.
Tapi kenapa harus bahasa Inggris ?
Kenapa bahasa inggris bisa jadi bahasa internasional ?

Sekitar 100 negara di dunia, mengakui bahasa inggris sebagai bahasa utama atau kedua


Oleh karenanya. banyak dari kita yang kemudian belajar bahasa inggris agar bisa
mengerti pembicaraan banyak orang didunia.
Tapi, seperti yang ditanyakan oleh teman-teman kita ini
Kenapa bahasa inggris bisa jadi bahasa internasional ?


Kenapa bukan bahasa Indonesia, Jawa atau Minang saja ?
Kenapa ?



Jika ditelisik dari sejarah, sejak dari jaman romawi kuno, kita menyadari diperlukannya
satu bahasa umum yang bisa dimengerti oleh banyak orang atau disebut sebagai
Lingua Franca


Dalam sejarahnya sendiri Lingua Franca sempat berganti ganti tiap masanya
begitu juga dengan bahasa inggris yang memiliki sejarah yang cukup panjang untuk menjadi
Lingua Franca

Pendeknya 2 faktor besar mempengaruhi bagaimana bahasa inggris menjadi bahasa dalam tanda kutip
"Internasional"

Yang pertama adalah Kolonialisasi Inggris
Setelah era Revolusi industri, Kerajaan Inggris menjadi negara dengan teknologi dan
militer paling maju di dunia.
Keadaan ini membuat inggris menjadi negara dengan jumlah wilayah jajahan terluas
dan jadikan bahasanya paling banyak digunakan didunia.

Kemudian faktornya bukan dari negara inggris saja, tapi pada awal abad ke 20
Negara berbahasa inggris lain yaitu Amerika Serikat, muncul sebagai negara dengan kekuatan
ekonomi terbesar didunia.

Singkatnya kekuatan ekonomi Amerika Serikat yang sangat besar memaksa negara negara
lain didunia untuk menggunakan dolar dan tentunya berkomunikasi dalam bahasa inggris.


Kemudian faktanya fenomena Globalisasi juga ikut memperkokoh bahasa inggris sebagai
bahasa internasional.
Pada era Globalisasi, banyak perusahaan dan media asing terutama dari amerika serikat,
mendirikan kantornya di negara lain.

Akibatnya banyak dari kita yang belajar bahasa inggris agar bisa diterima di perusahaan
asing tersebut, dan tentunya menjanjikan gaji yang cukup besar.


Selain itu siaran media asing berbahasa inggris lain yang sering kita dengar dan lihat
membuat kita ikut terbiasa menggunakan bahasa inggris.

Menariknya bahasa inggris diprediksikan akan tetap menjadi bahasa internasional hingga
berpuluh puluh tahun kedepan.
Pada tahun 2050, India diprediksikan akan menjadi negara dengan populasi penduduk
terbanyak didunia, mengalahkan republik Tiongkok

Hingga kini India menjadikan bahasa hindi dan Inggris sebagai bahasa resmi negaranya.
Akibatnya pengaruh negara ini kedepannya akan ikut memperkuat bahasa inggris sebagai
bahasa internasional.

Dan yah kita yang belum belajar bahasa inggris mungkin akan berpikir kembali untuk
mempelajarinya, karena mungkin kedepannya kita akan menyebut Bakso sebagai Meetball
bukan bakso lagi

dan seperti biasa Terima Kasih

BACA JUGA : Bagaimana bahasa bisa terbentuk ?

avatar

mending belajar coding gan lebih cepat ngerti dibandingi bahasa inggris hehhee

Delete February 7, 2016 at 10:22 AM
avatar
Faza Muna person

coding bikin pusing gan

Delete February 7, 2016 at 10:39 AM
avatar

mantev gan infonya
baha inngris mungkin lebih mudah di hafal jadi dunia lebih memilihnya bahasa inggris untuk jadi bahasa internasional
hehehehe

Delete February 7, 2016 at 11:31 AM
avatar
Faza Muna person

Hehehe thanks udah berkunjung

Delete February 7, 2016 at 11:46 AM
avatar
Faza Muna person

meskipun mudah dihapal tapi tetep aja gara-gara itu mapel unjian nasional jadi ngeri

Delete February 7, 2016 at 11:49 AM
avatar

Artikel nya mantap gan , thanks jadi lebiih tau alesannya kenapa , harus belajar lebih giat lagi nih bing biar bsa kemana aja wkwk

Delete February 7, 2016 at 12:45 PM
avatar
Anonymous
avatar
Faza Muna person

hahaaha iya gan, belajar bahasa indo jg gan
sapa tau ntar b indo jd bahasa internasional :)

Delete February 9, 2016 at 7:02 AM
avatar
Faza Muna person

bukan mastah saya mah..
Iya bro sama sama *gg tau bahasa jepangnya sama sama

Delete February 9, 2016 at 7:03 AM
avatar
Faza Muna person

thx gan udah berkunjung :)

Delete February 9, 2016 at 7:05 AM
avatar

nice info gan , buat nambah" wawasan , saya pikir hanya karena inggris mempunyai banyak negara jajahan saat itu , ternayata ada faktor lain .. arigato gozaimasu

Delete February 14, 2016 at 4:18 PM
avatar
Faza Muna person

iya gan smoga ni artikel bisa bermanfaat buat agan n banyak faktor lain yg ternyata masi blom diketahui
wakarimasta n sankyou ne for visit :)

Delete February 14, 2016 at 7:09 PM
Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)