March 13, 2016

Kenapa 1 Tahun itu 12 Bulan ?

Kenapa 1 Tahun itu 12 Bulan ?

perhitungan kalender


Nenek moyang kita dulu membuat kalender berdasarkan berbagai macam perhitungan.
Mulai dari perhitungan astronomi,

Perhitungan astronomi

pergantian musim,

Pergantian musim

peristiwa politik,

Peristiwa Politik

hingga prediksi kiamat.
Prediksi Kiamat 2012

Ini seperti yang ditanyakan oleh teman teman kita ini

pertanyaan temen temen


Kenapa sistem kalender kita harus memiliki 12 bulan dalam setahun ?
Kenapa bukan misalnya 20 bulan ?
Apa dasar perhitungannya ?

Pendeknya, kalender yang kita gunakan sekarang itu mengadopsi sistem kalender romawi.

kalender roman

Awal mulanya, sistem dalam kalender romawi ini hanya memiliki 10 bulan atau 304 hari
saja dalam setahun.
Tapi jumlah 10 bulan ini kemudian dianggap kurang tepat, karena tidak bisa sinkron
dengan pergantian musim yang terjadi.
Hingga akhirnya Kaisar Romawi pada saat itu, Numa Pompilius menambahkan 2 bulan baru
yakni Januari dan Februari, dan kemudian setelah itu disempurnakan lagi oleh sistem
kalender Julian yang namanya diambil dari Julius Caesar, kaisar romawi saat itu.

Lalu ketika bangsa eropa mulai mengembangkan sains dan memahami astronomi, sistem
kalender Julian ini digantikan oleh sistem kalender Gregorian, yang hingga hari ini
kita terus gunakan, Alasan digantinya kalender Julian, karena kalender Julian
menyatakan bahwa 1 tahun adalah 365,25 hari atau ternyata kelebihan 11 menit dari
perputaran bumi terhadap matahari sesungguhnya.
Meskipun terdengar kecil hanya 11 menit, seperti menunggu kuah bakso yang tadinya
panas jadi lumayan dingin, tetapi kelebihan 11 menit tersebut dapat menumpuk tiap
tahunnya dan menyebabkan kalender Julian harus disesuaikan setiap 128 tahun sekali.

disesuaikan 128 tahun sekali

Oleh karena itu, diperkenalkanlah kalender Gregorian, yang menyatakan bahwa 1 tahun
adalah  365,2425 hari yang lebih akurat menggambarkan perputaran bumi terhadap matahari.

BACA JUGA : Apakah Teori Gravitasi dan Evolusi hanya sebuah Teori ?

Jadi sekarang kita tau bahwa kalender kita itu menyimpan banyak sejarah dan perhitungan
panjang. Jadi mulai sekarang, janganlah malu untuk memajang kalender karena itu sama
kerennya dengan memajang lukisan dan poster di dinding rumah anda.

dan seperti biasa
Terima Kasih

avatar

keren nih gan artikelnya thanks infonya

Delete March 13, 2016 at 7:30 PM
avatar

Judulnya berasa aneh banget ya mas? wkwkwkwk

Delete March 14, 2016 at 2:53 PM
avatar

Mungkin karena ilmu alam

Delete March 14, 2016 at 3:24 PM
avatar

wahh imluwan bngett nch yang bikin artikle :) :* nicee info gannn wkwkwss inget sama cak lontong gua gan :v sama artikl ini :V hahaha

Delete March 15, 2016 at 7:36 PM
avatar

ilmuwan bngettt pngalaman nya gann

Delete March 15, 2016 at 7:37 PM
avatar

Unik gan ... mungkin klo bulannya sampai 13 orang2 gak bakal berani keluar rumah dibulan 13 ya .. TAKUT KENA SIAL .. hahaha

Delete March 15, 2016 at 7:55 PM
avatar
Faza Muna person
avatar
Faza Muna person

iya :) smoga bermanfaat :)

Delete March 16, 2016 at 10:57 AM
avatar
Faza Muna person

mungkin unik kata yang lbih tepat :D

Delete March 16, 2016 at 10:57 AM
avatar
Faza Muna person

Penjelasannya ada diatas sob :)

Delete March 16, 2016 at 10:58 AM
avatar
Faza Muna person

heheh.. jadi ilmuan apa komedian nih :)

Delete March 16, 2016 at 10:59 AM
avatar
Faza Muna person

Smoga bermanfaat dan bisa jadi jawaban kalo masih ditanyain kenapa satu tahun itu 12 bulan :)

Delete March 16, 2016 at 11:00 AM
avatar
Faza Muna person

w lebih suka Gaji 13 daripada bulan 13 sob :)

Delete March 16, 2016 at 11:01 AM
Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)