December 17, 2016

Kenapa Orang Jepang Sulit Berbahasa Inggris ?

Kenapa Orang Jepang Sulit Berbahasa Inggris ?
Kenapa Orang Jepang Sulit Berbahasa Inggris ?, Kenapa orang jepang sulit bicara bahasa inggris, alasan orang jepang sulit bicara bahasa inggris, penyebab orang jepang sulit bicara bahasa inggris, faktor orang jepang sulit bicara bahasa inggris, huruf hiragana, huruf katakana, huruf kanji, huruf furigana, cara membaca huruf kanji hiragana katakana furigana, cara menulis huruf kanji katakana hiragana furigana, pelajaran yang lebih sulit dari fisika kimia ekonomi akutansi

Ada ngga sih pelajaran yang lebih sulit dari Matematika ?
Mungkin diantara kita akan menjawab Fisika, Kimia, Ekonomi, sampai Akuntansi. Iya.. pelajaran-pelajaran ini terkenal dengan ke-angker-an-nya dan keganasan dari para gurunya. Tapi mungkin saja pelajaran itu tidak ada apa apanya daripada pelajaran Bahasa Inggris di Jepang sana, banyak anak sekolahan di jepang yang nilai bahasa Inggrisnya bisa dikatakan lebih rendah daripada nilai MateMATIka-nya. Seperti pertanyaan dari Noviantika ini

Pertanyaan Oleh Noviantika Tentang Kenapa Orang Jepang Sangat Sulot Bicara Bahasa Inggris ?

Tapi, pernahkah kamu bertanya kenapa orang jepang sangat sulit berbahasa inggris ?

Mungkin kita selama ini mengenal jepang sebagai negara maju, tapi mungkin juga ada yang ngga tau kalau orang jepang nilai ujian bahasa inggrisnya lebih merah daripada kuah bakso yang kebanyakan saos tomat.
Tentunya dibalik suatu permasalahan yang ada, pastinya ada juga alasan yang melatar belakangi kenapa masalah itu bisa terjadi.

Lalu, kenapa ini bisa terjadi ?
Apa yang salah dengan bahasa inggris di jepang sana ?

Ngga, ngga.. bukan karena pelajaran Bahasa Inggris di Jepang sana yang lebih ekstrim atau gimana, hanya saja ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa orang jepang sulit ber-bahasa-inggris.

Pertama yaitu dari orangnya sendiri yang takut berekspresi, ekspresi mungkin jadi pewarna dalam kehidupan ini. Tertawa, Cemberut, Marah, Sedih.. iya Sedih, orang jepang adalah orang yang takut membuat sedih dan melukai perasaan orang lain.
Kalo di Indonesia ada orang Jawa yang berhati lembut dan mudah tersakiti, tapi kalo didunia ada jepang dengan orang orangnya yang sangat menjaga bicaranya, karena takut melukai perasaan orang lain.

Karena itulah mereka menjadi pasif dalam berbicara dan sulit menyerap bahasa asing.
Mungkin mereka masih bisa bahasa inggris secara teori, tetapi kalau praktek berbicara bahasa inggris masih perlu diperbaiki.

Kedua mereka takut akan berbuat kesalahan, kesalahan adalah hal wajar bagi kita manusia, tetapi kalo keseringan salah juga jadinya kurang ajar. Karena faktor pertama tadi yang takut melukai perasaan orang lain, jadinya mereka harus berpikir satu, dua, bahkan tiga sampai empat kali jika ingin berbicara atau melakukan sesuatu.

Ngga kayak kita orang Indonesia, yang kalo ada turis asing apapun perkataannya main jawab YES aja dan ngga ragu untuk bilang NO. Berbeda dengan orang jepang yang justru panik saat ada turis asing berbahasa inggris, mereka lebih memilih diam karena tentu saja diam adalah emas, dan emas itu harganya mahal. Oke.. Kita bisa lupakan tentang emas ini dan lanjut ke faktor selanjutnya.

Ketiga, Penggunaan huruf yang berbeda. Tentu saja kita tau Huruf Alphabet dan Kanji sangat berbeda, semua kosa kata bahasa jepang dalam huruf kanji bisa ditulis menggunakan huruf alphabet menggunakan Romaji, 
Apa itu huruf Romaji Jepang, Apa beda huruf romaji dengan huruf kanji jepang lainnya, huruf romaji menulis huruf kanji dengan alphabet

tetapi ngga semua kosa kata menggunakan alphabet bisa ditulis menggunakan huruf Kanji. Oleh karena itu, mereka harus mengubahnya terlebih dahulu dalam bentuk Furigana.

Jadi pendeknya, Furigana ini mengubah kosa kata, tulisan, ejaan, dan pengucapannya.
Seperti misalnya kata Heart diubah menjadi Haato, Time menjadi Taimingu, Position menjadi Pojition, Chance menjadi Chansu dan lainnya agar dapat ditulis memggunakan kanji

Keempat, Kebiasaan yang buruk. Pelajaran Bahasa itu ngga bakalan bisa kalo ngga di Biasakan, jadinya kita bisa karena terbiasa. Jepang adalah negara yang mandiri, mereka memproduksi makanan sampai kendaraan sendiri yang semuanya berbahasa jepang, hal ini membuat mereka tidak terbiasa dan membiasakan diri dengan bahasa bahasa baru.

Bahkan uniknya film barat yang masuk ke jepang harus di Dubing dengan bahasa jepang terlebih dahulu, jadinya jangan kaget kalau kita nonton film barat di bioskop jepang dan mendengar Peter Parker atau Harry Poter bisa bahasa jepang. Selain itu kita juga sulit menemukan petunjuk arah menggunakan bahasa inggris bahkan menggunakan huruf alphabet sekalipun, ini membuat turis asing semakin merasa terasingkan.

Dan masih banyak faktor lainnya yang ngga bisa disebutin disini satu satu.
Dari sini kita tau kenapa orang jepang sulit berbahasa inggris dan banyak sekali faktor yang menyebabkannya.

Apa artikel ini membuat kamu makin tertantang untuk mempelajari bahasa inggris
Atau mungkin Bahasa jepang ?
Atau malah membuat kamu makin bingung ?

Tentu saja hal ini membuat kita tertarik dengan bahasa yang ada di dunia ini yang memiliki keunikannya tersendiri, apalagi di indonesia yang punya banyak sekali bahasa daerah dan stereotip lainnya jadi sebelum belajar bahasa inggris atau jepang, mungkin kita lebih dahulu memperbaiki dan mempelajari bahasa daerah kita yang beraneka ragam ini dan memperdalam bahasa nasional kita.. Indonesia.
Agar nilai ujian bahasa Indonesia kita berubah dan tidak lagi berwarna merah.
Cukup sekian dan seperti biasa, Terima Kasih :)

avatar

bener banget mas gan.. wkwkwk..
dalam pengartiannya juga mereka kadang salah kaprah mas gan.. misal hyaku = one hundred = 100. malah dikira 1000 wkwkwk..

cmiiw, saya juga awam kalo bahasa japan hahah..

Delete December 18, 2016 at 3:00 AM
avatar
Faza Muna person

Hehe.. biarlah mereka yang salah :) asal kita ngga ikutan salah dalam berbahasa :D

Yah sesama orang awam boleh lah belajar dikit dikit :D btw arigatou gozaimasu udah mampir :)

Delete December 18, 2016 at 5:07 PM
Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)